Setelah menyelesaikan tes TOEFL IBT, saya harus
menghadapi satu tes lagi yang bernama GRE[1].
Singkatnya, tes ini menyerupai tes potensi
akademik versi Bahasa Inggris, di mana saya harus menjawab soal-soal tentang
matematika [quantitative reasoning]
dan Bahasa Inggris [verbal reasoning dan
analytical writing]. Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan template[2]
yang saya gunakan untuk menghadapi tes ini, khusunya pada bagian writing. Yang pertama, untuk analytical writing, saya menggunakan template berikut:
In the
excerpt of…, the author concludes that…,which appears to be relatively tenable
at the first glance. However, as more light is shed on the issue and detailed
facts are viewed more carefully, it is clear that the conclusion is
unconvincing because it suffers from several grave fallacies in its
assumptions.
First and
foremost, the author unfairly assumes that [X causes Y]. In fact, the author
overlooks other possible factors/ causes, such as…In addition, it is possible
to reason that…Without ruling out such scenarios, the author simply cannot
convince me that…
Moreover,
the author assumes, without providing proof, that…In that case, the author has
not adequately shown that…Without establishing clearly that…, the author cannot
conclude that…
Furthermore,
the author assumes as if… [the respondents of the survey represented the entire
population of…] Unquestionably, the author fails to detail background
information of the respondents, such
as…[their age, hometown]. Lacking such specific data, the author should not
confidently claim that…
Therefore,
to have more cogent arguments, the author should provide several pieces of
evidence to support the assumptions. First,… Second,…
In
conclusion, the memo as it stands now does not logically prove that…
[restate the
weak conclusion here]
Untuk bagian selanjutnya, argumentative writing, saya bisa menyimpulkan bahwa kalian,
sama seperti tes TOEFL, perlu menuliskan menuliskan
Hook[3]
untuk mengawali dan mengakhiri essay yang kalian tulis. Jadi, silahkan
mempelajari kembali buku karangan Bruce
Striling, berjudul Speaking and
Writing Strategies for the TOEFL IBT. Sebagai informasi, saya memperoleh nilai 4
dari total 6 dalam bagian writing pada tes GRE ini. Saya percaya bahwa kalian bisa menulis lebih
baik dari saya. Akhirnya, silahkan, pelajari template di atas, rubahlah sesuai dengan adat-istiadat
masing-masing dan silahkan modifikasi template
yang pernah saya bagikan dengan ide yang kalian temukan dari sumber yang lainnya. Semoga sukses ya!
Pasti bisa!
Lessons learned:
[12] Sekali lagi, pelajari buku berjudul Speaking
and Writing Strategies for the TOEFL IBT
karangan Bruce Stirling dengan baik 😊
[13] Kembali, berlatih untuk menuliskan dan
mengingat template di atas dan hook yang dibahas di dalam buku tersebut setiap
hari sebelum menghadapi tes!
Disclaimer: This blog is not
an official blog of the U.S. Department of State blog or any other institutions
mentioned here. All views, comments, and information described here are merely
author’s own and are solely used to share his experiences pursuing the chance
to study abroad through Fulbright Scholarship. Thus, they do not represent the
official information of the scholarship. For inquiries related to the official
information can be found on the official website of the scholarship.
[1]
Graduate Record
Examinations
[2]
Saya banyak mempelajari
kata, frase, dan kalimat dari buku ini:
Stewart, M.A. (2002) Writing
skills for the GRE and GMAT tests. Thomson Learning: Lawrenceville, New Jersey.
[3]
Ide yang dikemukakan
oleh Bruce Stirling di dalam bukunya bagaimana saya harus bisa menuliskan
kalimat
pembuka dan penutup yang dapat menarik perhatian para pembaca
No comments:
Post a Comment