Antara bulan Juli-Agustus, AMINEF akan mengirimkan
Email berisi jadwal tes TOEFL IBT (internet-based test)
yang saya harus hadapi. Untuk mahasiswa doktoral, nilai minimalnya adalah 90/91.
Saya menyarankan agar kalian juga mengunjungi website program studi
di universitas yang akan dituju untuk mencari tahu apakah ada nilai minimal
yang diminta. Di beberapa universitas, mereka misalnya meminta nilai minimal
pada sesi writing dan speaking. Walaupun saya berjuang keras untuk memperoleh skor
minimal tersebut, saya percaya bahwa kalian bisa melakukannya dengan [lebih]
baik jika kalian mempersiapkannya jauh jauh hari. Saya ingin mengatakan bahwa tes
IBT jelas memerlukan persiapan. Tolong abaikan ide/ saran dari teman yang
mengatakan bahwa mereka tidak memerlukan waktu persiapan untuk menghadapi
tes ini. Terkait persiapan, saya [menyarankan agar kalian] mempelajari
buku berjudul Speaking
and Writing Strategies for the TOEFL IBT karangan Bruce
Stirling yang banyak memberikan template
sederhana khususnya untuk menghadapi sesi writing [dan speaking]. Singkatnya, dalam mengerjakan sesi writing part 1, saya menggunakan template berikut yang hanya
sebagai referensi saja yang kalian bisa gunakan dan modifikasi sendiri 😊:
The reading
and the lecture are both about... The author of the reading believes that ....
However, the lecturer casts doubts on the claims made in the article. She
posits that .... These contrasting views between the author and the lecturer
will be presented more fully in the subsequent paragraphs.
First, the
author points out that....
In contrast, the lecturer states that...
In contrast, the lecturer states that...
She/he
elaborates this point by saying that...
Second, the
author contends that...
The lecturer rebuts this argument. She argues that...
The lecturer rebuts this argument. She argues that...
Finally, the
author claims that...
The lecturer, on the other hand, posits that...
The lecturer, on the other hand, posits that...
She/he puts
forth the idea that...
In sum, both
the author and the lecturer talk about.... The author concludes that....
Countering that, the lecturer mentions ...., which effectively challenges the
claims made in the article.
Untuk sesi writing
part 2, saya bisa menyimpulkan betapa pentingnya menuliskan Hook[1]
untuk mengawali dan mengakhiri essay yang saya
tulis. Akhirnya, secara khusus, saya ingin mengucapkan
banyak terima kasih kepada Ibu Anita Utami, M.A[2].
yang telah memperkenalkan saya dengan gagasan yang tertuang di dalam buku tersebut di
atas.
Terima kasih ya Bu!
Lessons learned:
[10] Pelajari buku berjudul Speaking and Writing Strategies for the TOEFL IBT karangan Bruce Stirling dengan baik 😊
[11] Berlatih untuk menuliskan dan mengingat template dan hook yang dibahas di dalam buku tersebut setiap hari sebelum
menghadapi tes!
Disclaimer: This blog is not
an official blog of the U.S. Department of State blog or any other institutions
mentioned here. All views, comments, and information described here are merely
author’s own and are solely used to share his experiences pursuing the chance
to study abroad through Fulbright Scholarship. Thus, they do not represent the
official information of the scholarship. For inquiries related to the official
information can be found on the official website of the scholarship.
Sebelumnya:
Terima kasih, Guru!
Selanjutnya:
GRE test:Writing session
Selanjutnya:
GRE test:Writing session
[1]
Ide yang dikemukakan oleh
Bruce Stirling di dalam bukunya bagaimana saya harus bisa menuliskan kalimat
pembuka dan penutup yang dapat menarik perhatian para pembaca
[2]
Beliau saat ini menjadi
staf pengajar di SMP Negeri 5 Salatiga; Banyak gagasanya yang dimuat di media
online.
No comments:
Post a Comment